facebook KLIK PANGKAH UNTUK TUTUP Button Close
loading...

Hukum bagi orang yang meninggalkan Puasa Ramadhan



Assalamu ‘alaikum. 

Saya mempunyai paman yang usianya sudah 25 tahun. Dia belum menikah. Dia jarang shalat dan meninggalkan puasa. Pertanyaan saya, apa hukum bagi laki-laki yang meninggalkan berpuasa di bulan Ramadan, padahal ia sudah balig dan berakal? Dan apa yang harus saya lakukan? Terima kasih.

Penjelasan hukum orang yang meninggalkan puasa

Wa’alaikumussalam.

Hadis sahih tentang hukuman untuk orang yang meninggalkan puasa Ramadan:

Dari Abu Umamah Al-Bahili radhiallahu ‘anhu. Beliau mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallambersabda,

بينا أنا نائم إذ أتاني رجلان فأخذا بضبعي فأتيا بي جبلا وعرا فقالا لي : اصعد حتى إذا كنت في سواء الجبل فإذا أنا بصوت شديد فقلت : ما هذه الأصوات ؟ قال : هذا عواء أهل النار ثم انطلق بي فإذا أنا بقوم معلقين بعراقيبهم مشققة أشداقهم تسيل أشداقهم دما فقلت : من هؤلاء ؟ فقيل : هؤلاء الذين يفطرون قبل تحلة صومهم

“Ketika aku tidur, (aku bermimpi), tiba-tiba ada dua orang yang mendatangiku, kemudian keduanya memegang lenganku dan membawaku ke gunung yang terjal. Mereka mengatakan, ‘Naiklah!’ Ketika aku sampai di atas gunung, tiba-tiba aku mendengar suara yang sangat keras. Aku pun bertanya, ‘Suara apakah ini?’ Mereka menjawab, ‘Ini adalah teriakan penghuni neraka.’ Kemudian mereka membawaku melanjutkan perjalanan. Tiba-tiba, aku melihat ada orang yang digantung dengan mata kakinya (terjungkir), pipinya sobek, dan mengalirkan darah. Aku pun bertanya, ‘Siapakah mereka itu?’ Kedua orang ini menjawab, ‘Mereka adalah orang-orang yang berbuka sebelum waktunya (meninggalkan puasa).'” (H.r. Ibnu Hibban, no. 7491; Al-Hakim, no. 2837; Ibnu Khuzaimah, no. 1986; dinilai sahih oleh banyak ulama, di antaranya Al-Albani dan Al-A’dzami).

loading...
Hukum bagi orang yang meninggalkan Puasa Ramadhan Hukum bagi orang yang meninggalkan Puasa Ramadhan Reviewed by Unknown on 4:39 PM Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.